Sabtu, 06 Mei 2017

Monthly Meeting: Bunga dan Kepekaan

Seperti sebelumnya, komunitas homeschool kami mengadakan pertemuan bulanan. Tema yang kami bahas saat itu adalah Bunga dan karakter Sensitivitas. Setiap anak diminta untuk mencari bunga dan memresentasikan bunga yang mereka sukai. Kakak memilih membahas tentang Daisy dan adik memilih membahas mengenai Carnation.
English Daisy
Bellis Perennis, atau yang lebih dikenal dengan sebutan daisy, merupakan bunga yang masih sepupuan dengan bunga matahari dan aster. Banyak yang berkata daisy berasal dari kata day's eye, karena bunga ini mekar saat siang hari. Daisy berasal dari Eropa, tetapi banyak tumbuh di daerah Amerika Utara juga. Daisy suka berkoloni. Bunga ini biasanya tumbuh saat awal musim panas, tetapi bunga daisy dapat tumbuh di musim apapun.

Jika dilihat, daisy seakan terdiri dari dua bunga yang terpisah, bunga yang bagian atas dikelilingi bunga dibagian bawah. Ada beberapa manfaat dari daisy yang kami dapatkan. Yang pertama, daun dari bunga daisy dapat dimakan. Biasanya daun ini dapat digunakan sebagai bahan lalapan salad. Selain itu, teh yang dibuat dari daisy sangat bagus untuk tenggorokan. Dan seperti pepatah mengatakan say it with flowers, daisy mempunyai arti tersendiri. Arti dari bunga daisy adalah harapan dan awal yang baru, tulus dan dapat dipercaya. Alasan kakak memilih daisy adalah karena dia mau bernyanyi lagu 'Daisy Daisy give me an answer do'. Dan memang di akhir presentasi dia menyanyikan lagu ini. 
Carnation
Carnation berasal dari kata corone atau coronation, yang artinya mahkota atau pemahkotaan, karena bunga ini biasanya digunakan saat upacara pemahkotaan di Yunani. Bunga ini berasal dari daerah Meditertania, khususnya Columbia. Carnation biasanya bermekaran pada bulan Juni. Arti dari bunga Carnation tergantung dari warna carnation tersebut. Carnation merah berarti pengaguman dan cinta yang dalam (ehm...ehm). Carnation putih berarti semoga beruntung dan cinta yang tulus. Carnation merah muda berarti kasih ibu. Sedang carnation kuning berarti kekecewaan atau penolakan (aduuhh...).

Kalau mendengar kata Carnation, terkadang saya membayangkan susu carnation. Tetapi ternyata penggunaan carnation bukanlah di dalam susu, melainkan di dalam teh. Teh yang mengandung carnation ini sangat bermanfaat untuk melepaskan stres, depresi, insomnia, dan ketidakseimbangan hormon pada wanita. Selain itu teh carnation bermanfaat juga sebagai diuretik dan untuk melegakan sesak napas. Carnation digunakan juga dalam minyak untuk pijat untuk mengatasi iritasi pada kulit dan mengurangi munculnya keriput. Sebagai bunga hias, bunga ini digunakan pada upacara pernikahan tradisi China dan saat Mother's day. Karena tidak ada lagu tentang carnation, dan adik mau menyanyikan lagu Carnation, maka adik membuat sendiri lagu mengenai carnation. 

Pertemuan kali ini diawali dengan bernyanyi dengan menggunakan bahasa isyarat atau sign language dan dilanjutkan dengan ayat hapalan. Setelah setiap anak memresentasikan bunga pilihan mereka, maka pengenalan akan karakter sensitivitas pun dimulai. Bahasa yang mudah untuk memperkenalkan sensitivitas adalah tertawa dengan orang yang tertawa, menangis dengan orang yang menangis. Anak-anak diajar untuk bersikap sesuai dengan keadaan yang ada. 
Atas: anak-anak sedang melihat video mengenai putri malu.
Bawah: Anak-anak yang sedang mendengarkan penjelasan tentang bunga dan karakter kepekaan.
Karena masih membahas tentang bunga dan kepekaan, anak-anak dilihat untuk melihat satu video tentang bunga yang sangat peka, yaitu mimosa pudica atau yang lebih dikenal dengan sebutan putri malu. Keunikan dari tanaman ini adalah daunnya akan menutup bila terkena sentuhan, tiupan angin, atau merasakan panas. Tanaman ini juga menguncup saat matahari terbenam dan terbuka kembali setelah matahari terbit.
Bunga putri malu.


Mengapa tanaman putri malu menutup daunnya? Tanaman ini menutup daunnya untuk melindungi diri dari hewan pemakan tumbuhan yang ingin memakannya. Jika hewan yang tadinya ingin memakan melihat tumbuhan ini menutup, maka hewan akan berpikir tanaman ini sudah layu. Ternyata hewan herbivora suka yang fresh juga, ya =D
Bagian-bagian dari bunga
Setelah itu, mommy K menjelaskan sedikit mengenai bagian-bagian bunga seperti kepala putik (pistil), stamen (benang sari), mahkota bunga (petal) dan batang (stem). Selanjutnya adalah waktunya anak-anak melihat sendiri bagian dari bunga. Bunga yang dipilih saat itu adalah bunga kembang sepatu atau hibiscus rosa sinensis. Setiap anak mendapatkan satu kembang sepatu dan mereka diminta untuk menempel setiap bagian yang ada pada kertas. Setelah itu diatasnya digambar bunga sesuai imajinasi mereka.
Kembang Sepatu
Seperti biasa, pertemuan kami kali ini diakhiri dengan doa penutup dan acara makan bersama, bagian favorit anak-anak:) 
Aktivitas mengenai bunga

2 komentar:

  1. Bunganya cantik-cantik bu, keren! makna-maknanya juga bagus-bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi.... Salam kenal :)
      Iya, istilah say it with flowers memang tidak salah :)

      Hapus