Selasa, 03 Januari 2017

Aktivitas Liburan: Menghias Topi dan Kolase dengan Biji-Bijian

Masih dalam rangka memasuki tahun baru, kali ini kakak berinisiatif meminta liburan. Kalau dulu dia tidak mengerti arti liburan, sekarang dia sudah mengerti dengan baik apa arti liburan. Karena papa tidak dapat liburan, maka liburan akhir tahun kali ini diisi dengan sejuta aktivitas di rumah (lebay dikit boleh dong). Kakak dan adik membuat list things to do. Argumen mereka adalah this is holiday and we can make a lot of things. Well, anak-anak liburan tetapi mamanya dikerjain.

List pertama mereka adalah menghias party hat. Sebetulnya ini adalah aktivitas mereka di sekolah minggu mereka. Karena satu dan lain hal, mereka hanya dapat bahannya dan tidak sempat membuat di gereja. Jadinya dibawa pulanglah aktivitas ini. Bahan apa saja yang diperlukan?
1. Kertas bermotif
2. Kertas krep
3. Pom-pom
4. Lem atau double tape.
5. Karet atau tali
6. Pembolong kertas

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut/
1. Guntinglah kertas berpola dalam bentuk seperempat lingkaran.
2. Lipat mengelilingi kepala sehingga berbentuk topi pesta dan tempel dengan menggunakan double tape.
3. Hiaslah topi dengan menggunakan pom-pom yang ada dan kertas krep.
4. Bolongi topi di bagian bawah dengan pembolong kertas.
5. Masukkan tali dari bagian yang bolong tersebut dan ikat sehingga saat dipakai topi tidak mudah copot.
Party Hat Duo Lynns
List kedua mereka adalah membuat kolase dengan biji-bijian. Apa sih kolase? Kolase adalah kegiatan membuat gambar suatu benda dengan menggunakan media seperti kertas, kain perca, biji-bijian, dan sebagainya. Seingat saya, waktu saya SD kelas 3 saya pernah mendapat tugas membuat kolase dengan menggunakan kulit kacang. Butuh kesabaran tingkat tinggi memang =D

Apa saja sih manfaat melakukan kolase? Menurut kami, kolase bermanfaat untuk melatih motorik halus anak, meningkatkan kreativitas, melatih konsentrasi, melatih ketekunan dan kesabaran, serta mengasah kecerdasan spasial. Tentunya kegiatan ini akan sangat menantang untuk si adik. Berbeda dengan kakak yang senang main puzzle yang membutuhkan kesabaran, adik kurang sabar dalam membuat sesuatu.

Bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat kolase?
1. Media alas, dapat menggunakan kertas tebal ataupun kardus ataupun triplek. Intinya media tersebut cukup kuat menahan bahan kolase yang ada.
2. Biji-bijian seperti kacang hijau, jagung, kacang merah, kacang tanah, dan sebagainya. Bisa juga dengan menggunakan kertas berwarna, logam, kulit kerang, monte, dan sebagainya.
3. Lem yang kuat untuk menempelkan biji-bijian ke kertas. Kemarin kami menggunakan lem fox.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Mintalah anak menggambar sesuatu diatas media alas.
2. Tempelkanlah biji-bijian tersebut diatas media alas dengan menggunakan lem.
3. Tunggu hingga kering.

Bagaimana dengan kolase kami? Kakak dan adik membuat gambar yang mereka inginkan. Setelah selesai membuat gambar, mereka memilih sendiri apa saja yang akan mereka tempel. Kali ini saya menyediakan kacang hijau, jagung, dan kacang merah untuk mereka gunakan. Temanya adalah membuat topi, terserah bentuk topinya seperti apa =P

Di awal pembuatan, Duo Lynns masih menempel satu persatu dengan sabar. Kagum juga saya melihat adik dapat mengerjakan dengan sabar. Setelah jadi, mereka ingin menambahkan bentuk hati di samping topi-topi tersebut. Dan, setelah beberapa saat, jadilah aktivitas kedua kami.
Cowboy hat versi kakak, lengkap dengan hati-hatiannya

Picnic Hat versi adik, juga lengkap dengan hati. 
Dengan kata lain, tema aktivitas kami kali ini adalah topi. Bagaimana tema aktivitas liburan teman-teman?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar