Kamis, 01 September 2016

Membuat Pinwheel atau Kincir Angin Kertas

Pinwheel
Pinwheel merupakan mainan yang rasanya disukai semua orang. Ternyata mainan yang sederhana ini dapat membantu anak untuk mempelajari science loh. Melalui pinwheel anak-anak belajar tentang angin sebagai udara yang bergerak. Anak-anak diajak untuk mengamati apakah yang terjadi dengan pinwheel saat mereka berjalan atau berlari saat memegang pinwheel. Angin dapat membuat pinwheel berputar. Semakin besar daya tiupnya, semakin cepat pinwheel berputar. Ternyata pinwheel pun berputar karena adanya udara yang bergerak saat mereka berjalan. Saat mereka berlari, pinwheel mereka pun berputar lebih cepat. Dari sini mereka belajar memahami definisi angin.
Nah, bagaimana cara  membuatnya?

Bahan-bahan:
1. Kertas origami, sebaiknya depan belakang berbeda warnanya. 
2. Pensil, lebih mudah jika pensil ada penghapus di bagian atas. 
3. Paku payung.

Langkah-langkah:
1. Lipatlah kertas origami secara diagonal sehingga berbentuk segitiga. 
2. Dari bentuk segitiga yang ada, lipat kembali menjadi bentuk segitiga yang lebih kecil. Setelah itu bukalah kertas yang sudah dilipat tadi. 
3. Guntinglah bagian yang ada lipatannya, kurang lebih 4/5 bagian dari garis yang ada. Sisakan sedikit bagian yang dekat dengan pusat.
4. Tekuk ujung-ujung sisi yang telah digunting dan tempel di bagian tengah. 
5. Tusuk bagian tengah tadi dengan paku payung lalu tusukkan ke bagian pensil yang ada penghapusnya. 


Mudah bukan? Bahkan jika dibuat pola, dapat juga berbentuk seperti flower pinwheel.  
Flower Pinwheel

1 komentar:

  1. informasi yang bagus jangan lupa kunjungi website artikel dari universitas airlangga yang juga memberikan informasi yang menarik lohhh https://www.unair.ac.id/2022/06/29/unair-kembangkan-plta-kincir-angin-untuk-kurangi-ketergantungan-energi-fosil/

    BalasHapus