Rabu, 13 April 2016

Resep Homemade Playdough

Playdough merupakan mainan yang sangat digemari anak-anak. Jaman saya kecil dulu ada namanya lilin atau malam. Sayangnya playdough lama kelamaan akan mengeras dan harga playdough juga tidak begitu bagus (baca: agak mahal). 

Si kakak pun waktu adiknya masih kecil tidak pernah main playdough. Saya dan suami takut playdough tertelan, kan belum tentu food grade playdough-nya. Akhirnya saya mencoba mencari resep playdough yang aman untuk anak-anak (at least kalau ketelan gak akan keracunan). Saya mencoba resep ini-itu, sempat dapat dari teman juga, tetapi hasilnya kurang memuaskan. Rasanya mencari resep playdough lebih ribet daripada masak (lebay mode on). Akhirnya....saya mendapatkan resep dari homeschool-ideas. Resepnya tidak repot, tidak perlu dimasak, dan aman bagi anak-anak. Dan terlebih lagi, si anak bisa dilibatkan dalam membuatnya. Berikut resep yang saya dapat, dengan terjemahan bebas ya.....

2 cup tepung terigu (all-purpose)
1 cup garam
1 cup air dingin
1 sdm minyak (kalau mau aman dengan minyak sayur, kalau mau tercium wangi bisa pakai baby oil)

Cara pembuatannya pun sederhana. Hanya masukkan semua bahan ke dalam plastik dan tutup plastik tersebut. Untuk plastik bisa menggunakan plastik putih transparan dan ikat ujungnya dengan karet, tetapi lebih baik menggunakan plastik dengan zip lock. Lalu libatkan anak-anak untuk menguleni adonan tersebut sampai tercampur rata. Mudah kan? 

Sekarang saya sudah jarang membuat, karena saat anak-anak ulang tahun banyak yang memberi playdough, tahu aja mamanya males beli playdough. Jadi kami masih menggunakan playdough yang ada dulu.

Selamat berkreasi moms....

From www.homeschooling-ideas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar